Thursday, May 4, 2017

Ciri-Ciri Kanker Serviks Yang Perlu Anda Waspadai

Ciri-Ciri Kanker Serviks
Kuminhat.com - Ciri-Ciri Kanker Serviks Yang Perlu Anda Waspadai - Walaupun kanker serviks ini tidak mempunyai ciri spesifik, bahkan dalam bebearpa kasus tidak memiliki tanda apapun, akan tetapi beberapa ciri berikut ini mungkin perlu Anda waspadai. Munculnya beberapa ciri berikut ini memang bukan berarti Anda terkena kanker serviks. Tapi alangkah baiknya, ketika Anda memiliki beberapa ciri berikut ini, sebaiknya Anda langsung memeriksakan diri ke dokter terdekat, untuk mengetahui lebih lanjut, kondisi penyakit yang tengah Anda derita.

Adapun beberapa ciri yang perlu Anda waspadai antara lain :

1. Munculnya pendarahan di luar proses menstruasi

Mulai dari bercak darah ringan, hingga munculnya pendarahaan, memang salah satu hal yang perlu Anda waspadai. Jika lebih dari 3 kali, ada baiknya jika Anda melakukan pengecekan pada dokter terkait. Munculnya pendarahan selain waktu menstruasi ini memang dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti strees, kondisi tubuh yang terlalu lelah, penggunaan alat kontrasepsi, dll.

2. Proses mentruasi lebih lama daripada biasanya.

Lama menstruasi wanita pada umumnya sekitar 5 hingga 7 hari. Namun ada beberapa wanita yang memang memiliki jangka waktu menstrasi lebih panjang dari umumnya. Apabila siklus haid Anda sekitar 5 hingga 7 hari, namun kini, proses tersebut berlangsung lebih lama, ada baiknya jika Anda mewaspadainya.

3. Jumlah darah yang keluar lebih banyak dari biasanya.

Banyaknya darah yang muncul, biasanya hanya terjadi pada saat hari pertama dan hari kedua menstruasi. Tapi jika darah yang muncul ini, banyak, dan berlangsung selama proses mentruasi, atau bahkan melebihi waktu yang seharusnya. Ada baiknya jika Anda langsung memeriksakan diri ke dokter.

4. Munculnya pendaraan sesaat setelah berhubungan intim.

Apabila terjadi sesuatu pada mulut rahim, biasanya bagian tersebut menjadi sangat rapuh, gesekan sedikit saja akan menimbulkan pendarahan.

5. Munculnya rasa nyeri selama berhubungan intim.

Jika kanker serviks ini sudah mulai ganas, maka mulut rahim ini akan mengalami perdangan, hingga terjadinya kematian pada beberapa sel tertentu /nekrosis, kondisi seperti ini yang menyebabkan rasa nyeri ketika berhubungan intim.

6. Sekitar panggul terasa nyeri.

Ketika terjadinya peradangan pada bagian mulut rahim, biasanya daerah di sekitar panggul akan terkena dampaknya, panggul dan sekitarnya akan terasa nyeri.

7. Terjadinya pendaraan, walaupun Anda sudah memasuki masa menopause.

Pada saat seorang wanita sudah memasuki masa menopause, itu artinya wanita tersebut tidak akan mengalami proses mentruasi. Jika Anda mengalami pendarahan, seperti pada saat mentrasi, tepat pada saat Anda sudah memasumi masa menopause. Sudah sebaiknya Anda melakukan pengecekan ke dokter terdekat.

8. Keputihan yang tidak biasa.

Yang dimaksud keputihan adanya munculnya cairan/cairan bening, dari vagina. Tapi jika yang muncul ini lendir yang bercampur dengan darah kotor, atau bahkan nanah, ini yang membaut Anda segera melakukan pengecekan pada dokter terkait.

9. Nafsu makan berkurang

Ketika seseorang mengalami kanker, biasanya penderita jadi kurang nafsu makan. Salah satunya disebabkan oleh zat toksin yang disebabkan oleh sel kanker. Akibat jangka panjangnya adalah berat badan jadi berkurang.

Mengalami kondisi seperti ini juga bukan berarti Anda terkena kanker, namun jika disambungkan dengan gejala lainnya, ada baiknya jika Anda mengeceknya pada dokter terkait.

Salah satu alasan mengapa kanker serviks ini tidak menimbulkan gejala antara lain, karena sel kanker belum melakukan invasi ke tempat lainnya, melainkan masih mengembangkan bibit kanker di tempat tersebut. Kondisi seperti ini tentunya tidak akan mempengaruhi bagian tubuh atau jaringan lainnya. Yang justru akan menimbulkan gejala, ketika bibit kanker ini mulai menyebar ke berbagai tubuh lainnya.