Saturday, April 22, 2017

Faktor Resiko Kanker Serviks yang Penting Dipahami

Faktor Resiko Kanker Serviks
Kuminhat.com - Faktor Resiko Kanker Serviks - Anda pasti sudah sering mendengar mengenai kanker serviks yang menjadi salah satu penyakit paling mematikan bagi kaum hawa. Dimanapun lokasinya, memang penyakit kanker ini menjadi hal yang sangat menakutkan bagi siapapun. Apalagi dengan gaya hidup saat ini yang kurang sehat menyebabkan resiko terkena kanker juga meningkat. Sehingga anda juga perlu mengenal dengan baik terkait penyakit tersebut.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Kanker Serviks

Penyakit yang menyerang bagian leher rahim ini penyebab utamanya adalah human papillomavirus (HPV) dan kebanyakan ditularkan melalui hubungan intim yang menjadi penyebab umum terjadinya kanker serviks ini. Beberapa jenis HPV memang mengganggu sel-sel pada leher rahim agar berfungsi secara tidak normal yang akhirnya memicu adanya perkembangan kanker di tempat tersebut.

Hal yang perlu anda perhatikan dengan baik adalah tidak adanya gejala awal yang bisa dirasakan oleh wanita yang terinfeksi virus ini. Dengan adanya kondisi tersebut, kebanyakan wanita yang sudah terinfeksi memang tidak merasakannya dan baru disadari ketika sel kanker sudah mulai berkembang lebih jauh. Tentu hal tersebut sangat berbahaya bagi anda, sehingga adanya screening sedini mungkin bisa menjadi salah satu solusi pencegahan yang tepat.
Baca Juga :
Melakukan screening serviks ini berfungsi untuk memeriksa kesehatan sel-sel yang ada di bagian dinding leher rahim atau jika ada perubahan sel yang tidak normal. Dengan melakukan screening secara tepat maka anda bisa mendeteksi lebih dini jika memang ada sel di leher rahim yang tidak normal dan dapat menimbulkan potensi terjadinya kanker serviks.


Mengetahui Faktor Resiko yang Dapat Menyebabkan Kanker Serviks

Ada berbagai faktor resiko yang memang dapat menyebabkan terjadinya infeksi HPV hingga ke kanker serviks. Anda perlu mengenali beberapa faktor resiko tersebut untuk dapat meminimalisasi adanya semakin besarnya resiko terkena penyakit mematikan ini. Apalagi jika anda tidak memiliki kebiasaan melakukan screening maka ada kemungkinan perkembangan kanker tidak bisa terdeteksi lebih dini.

Berikut beberapa faktor resiko terkait kanker serviks yang perlu anda perhatikan dengan baik :
  • Merokok akan memberikan bahan-bahan kimia ke dalam tubuh yang mengganggu sistem kekebalan. Sehingga anda akan lebih mudah terserang virus yang mengganggu sel-sel di leher rahim.
  • Kurangnya konsumsi buah dan sayur akan meningkatkan resiko kanker karena kurangnya asupan antioksidan yang memang memiliki manfaat penting dalam melawan sel kanker.
  • Sering bergonta-ganti pasangan akan meningkatkan resiko penularan HPV pada leher rahim anda, apalagi resiko ini menjadi penyebab utama terjadinya kanker serviks.
  • Perlu memperhatikan adanya riwayat keluarga karena penyakit ini juga bisa diturunkan secara genetis. Jika anda memiliki resiko besar dari riwayat kesehatan keluarga tersebut maka sebaiknya berhati-hati sedini mungkin.
  • Kehamilan juga bisa menjadi resikonya jika terjadi pada usia kurang dari 17 tahun atau lebih dari 30 tahun. Sehingga perlu adanya pematangan usia pernikahan dan kehamilan untuk meminimalisasi adanya kemungkinan besar terkena kanker serviks ini
Jika anda memiliki resiko besar untuk terkena kanker serviks ini dengan adanya beberapa faktor resiko tersebut maka harus berhati-hati dan menjaga diri dengan baik. Berbagai langkah pencegahan bisa dilakukan sejak dini untuk memaksimalkan proses preventif tersebut. Tidak ada salahnya and amelakukan screening melalui papsmear tetapi sebaiknya bagi yang sudah menikah saja dan meminta persetujuan suami. Dengan begitu anda akan terhindar dari keparahan adanya infeksi HPV yang menyebabkan kanker.