Friday, February 24, 2017

Pengertian, Gejala, dan Ciri-Ciri Kanker Serviks (Leher Rahim)

pengertian kanker serviks
Kuminhat - Pengertian, Gejala, dan Ciri-Ciri Kanker Serviks (Leher Rahim) - Kanker Serviks (Leher Rahim) merupakan kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim merupakan bagian rahim terbawah peralihan antara V dengan rahim. Wanita berbagai usia memiliki peluang yang sama untuk menderita kanker serviks. Namun, Wanita yang aktif secara seksual memiliki peluang lebih.

Human papilloma virus (HPV) 16 dan 18 merupakan penyebab utama pada 70% kasus kanker serviks di dunia. Perjalanan dari infeksi HPV hingga menjadi kanker serviks memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 hingga 20 tahun. Namun proses penginfeksian ini sering tidak disadari oleh para penderita.
Baca Juga :
Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk selalu memperhatikan setiap perubahan pada tubuh. Dengan mengenali gejala kanker serviks secepat mungkin, maka Anda akan terdorong untuk segera memeriksakannya. Selanjutnya penanganan yang tepat dan secepatnya akan sangat menentukan keberhasilan pengobatan.

Berikut adalah Beberapa Ciri-Ciri dan Gejala Kanker Serviks yang harus kamu ketahui. Jadi jika salah satu gejala tersebut muncul. Kamu bisa segera memeriksakannya ke dokter.
  1. Flek atau pendarahan di luar jadwal menstruasi. 
  2. Menstruasi lebih panjang dari biasanya. 
  3. Darah menstruasi lebih banyak dari biasanya. 
  4. Mudah terjadi pendarahan, misalnya setelah berhubungan seksual, douching, atau pemeriksaan panggul dengan memasukkan alat ke jalan lahir. 
  5. Nyeri selama berhubungan seksual. 
  6. Nyeri di sekitar pinggul 
  7. Perdarahan pasca menopause. Artinya menopause sudah terjadi namun tiba-tiba muncul lagi pendarahan. 
  8. Keputihan yang tidak biasa, keluar cairan berlebih, biasanya berwarna merah muda atau berbau busuk. 
  9. Kehilangan nafsu makan Berat badan turun drastis tanpa sebab yang jelas. 
  10. Kelelahan. 
  11. Mudah sekali merasa lelah atau lemah. 
  12. Sakit punggung. 
  13. Nyeri kaki atau bengkak pada kaki. 
  14. Keluar cairan urin atau feses dari jalan lahir. 
  15. Mudah mengalami patah tulang. 
  16. Sembelit 
  17. Darah dalam urin Anda (hematuria) 
  18. hilangnya kontrol kandung kemih (urinary incontinence)
gejala-gejala kanker serviks
Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kanker serviks.
  • Faktor alamiah adalah faktor-faktor yang secara alami terjadi pada seseorang dan memang kita tidak berdaya untuk mencegahnya. Yang termasuk dalam faktor alamiah pencetus kanker serviks adalah usia diatas 40 tahun. Semakin tua seorang wanita maka makin tinggi risikonya terkena kanker serviks. Tetapi hal ini tidak hanya sekedar orang yang sudah berumur saja, yang berusia muda pun bisa terkena kanker serviks. Akan tetapi kita bisa melakukan upaya-upaya lainnya untuk mencegah meningkatnya risiko kanker serviks.
  • Faktor Kebersihan antara lain Keputihan yang dibiarkan terus menerus tanpa diobati. Penyakit Menular Seksual, dan Membasuh kemaluan dengan air yang tidak bersih, misalnya di toilet-toilet umum yang tidak terawat. Air yang tidak bersih banyak dihuni oleh kuman-kuman
Pencegahan terhadap kanker serviks dapat dilakukan dengan program skrinning dan pemberian vaksinasi. Vaksin HPV akan diberikan pada perempuan usia 10 hingga 55 tahun melalui suntikan sebanyak tiga kali, yaitu pada bulan ke nol, satu, dan enam. Dari penelitian yang dilakukan, terbukti bahwa respon imun bekerja dua kali lebih tinggi pada remaja putri berusia 10 hingga 14 tahun dibanding yang berusia 15 hingga 25 tahun. Sayangnya, Vaksinasi HPV terbilang mahal setidaknya untuk negara berkembang.