Thursday, April 2, 2015

Definisi dan Gejala-Gejala Penyakit Malaria

Penyakit Malaria
Kuminhat - Pada postingan ini saya ingin berbagi tentang Definisi dan Gejala-Gejala Penyakit Malaria. Untuk bisa mencegah penyebaran penyakit ini, sebaiknya kita bisa mengetahi apa itu Penyakit Malaria dan Bagaimana Gejala-Gejalanya. Diharapkan setelah membaca postingan ini bisa menambah pengetahuan tentang Malaria itu sendiri. Berikut ulasannya untuk anda.

Definisi atau Pengertian Malaria :

Malaria adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh parasit yang disuntikan oleh nyamuk Anopheles Betina. Pada nyamun tersebut terdapat parasit yang bernama plasmodium. Parasit plasmodium yang disuntikkan nyamuk ini akan menyerang sel darah merah. Sampai saat ini ada empat jenis plasmodium yang mampu menginfeksi manusia yaitu plasmodium vivax, plasmodium malariae, plasmodium ovale dan plasmodium falciparum. Plasmodium falciparum merupakan yang paling berbahaya dan dapat mengancam nyawa.

Menurut data Setiap tahunnya, sekitar 1,2 juta orang di seluruh dunia meninggal karena penyakit malaria. Demikian menurut data terbaru yang dimuat dalam jurnal kesehatan Inggris, The Lancet. Angka yang dilansir itu jauh lebih tinggi dari perkiraan WHO tahun 2010 yakni 655.000. Nyamuk Anopheles penyebab penyakit malaria ini banyak terdapat pada daerah dengan iklim sedang khususnya di benua Afrika dan India. Termasuk juga di Indonesia.

Gejala-Gejala Penyakit Malaria :

Orang yang terkena gigitan nyamuk anopheles Betina akan mengalami masa Inkubasi yaitu masa gigitan nyamuk dan dimulainya gejala. Setiap parasit Plasmodium memiliki masa inkubasi berbeda-beda. Pada Plasmodium falciparum adalah sekitar 1-2 minggu sedangkan untuk Plasmodium vivax adalah 2-3 minggu. Kedua jenis parasit inilah penyebab malaria paling umum di Indonesia.

Gejala-gejala awal dari malaria adalah:

1. Demam yang naik turun
2. Sakit kepala
3. Berkeringat dingin
4. Mual dan muntah-muntah
5. Nyeri otot
6. Diare

Jika anda menemui gejala-gejala munculnya malaria segera temui dokter agar pengobatan bisa segera dimulai. Malaria akibat Plasmodium falciparum perlu lebih diwaspadai karena merupakan penyebab malaria yang paling berbahaya dan dapat menyebabkan komplikasi.

Sumber : http://gejalapenyakitmu.blogspot.com/2013/06/gejala-malaria-penyebab-pencegahan-pengobatan-penyakit.html, http://id.wikipedia.org/wiki/Malaria, http://www.alodokter.com/malaria/gejala/