Thursday, February 13, 2014

Pengertian SARS dan Gejala-gejala Penderitanya

SARS
SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) adalah sebuah jenis penyakit pneumonia. Dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan nama Sindrom Pernapasan Akut Berat.Virus ini pertama kali terjadi di beberapa negara Asia. Penyakit ini kemudian menyebar ke Amerika dan Eropa. Virusnya bernama SARS-CoV (SARS Coronavirus) yang menyerang saluran pernapasan bagian atas. SARS menyebar sangat cepat. Kasus terakhir dari epidemi ini terjadi pada Juni 2003. Dalam wabah itu, 8.069 kasus muncul yang menewaskan 775 orang.

Gejala-gejala penderita penyakit SARS
Pada awalnya gejala penyakit ini seperti :
1. Demam
2. Myalgia
3. Lethargy
4. Gejala Gastrointestinal
5. Batuk
6. Radang tenggorokan
7. Dan lain-lain
Satu-satunya gejala yang sering dialami seluruh pasien adalah demam di atas 38 °C (100.4 °F). Sesak napas bisa terjadi kemudian.

Gejala tersebut biasanya muncul 2–10 hari setelah terekspos, tetapi sampai 13 hari juga pernah dilaporkan terjadi. Pada kebanyakan kasus gejala biasanya muncul antara 2–3 hari. Sekitar 10–20% kasus membutuhkan ventilasi mekanis.

Seseorang dapat di curigai terkena virus SARS jika
1. salah satu dari gejala-gejala termasuk demam dengan suhu 38 °C atau lebih DAN
2. pernah mengalami kontak dengan seseorang yang didiagnosis mengidap SARS pada kurun waktu 10 hari terakhir ATAU mengunjungi salah satu dari daerah yang teridentifikasi oleh WHO sebagai area dengan transmisi lokal SARS

Sekian posting dari saya tentang Pengertian SARS dan Gejala-gejala Penderitanya, Terima kasih

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/SARS dan http://www.diwarta.com/pengertian-penyakit-sars-dan-penyebabnya-disertai-gejalanya/799/