Monday, February 3, 2014

Definisi dan Gejala-Gejala Penderita Anoreksia Nervosa

Anoreksia
Sebelumnya ada yang tahu apa itu Anoreksia Nervosa. Kalau sudah tahu maka tinggalkanlah komen dibawah dan yang belum tahu ini di apa itu penyakit Anoreksia Nervosa :

Anoreksia nervosa adalah suatu kelainan yang biasanya terjadi pada para remaja wanita, tapi dapat juga terjadi pada remaja pria dan juga pada orang dewasa pria maupun wanita. Orang-orang dengan kelainan anoreksia, mereka terobsesi untuk menjadi kurus. Mereka berusaha menurunkan banyak berat badan mereka dan ketakutan akan bertambahnya berat badan mereka. Mereke mempercayai bahwa diri mereka itu gemuk meskipun sesungguhnya mereka sangat kurus.

Ciri ciri Anoreksia Nervosa meliputi :
* Tidak mau mempertahankan berat badan pada level normal atau sedikit di atas normal
* Ketakutan bahwa berat badan akan naik
* Menganggap berat badannya sudah ideal
* tidak mengalami menstruasi.
* Sengaja memaksa diri sendiri untuk lapar dengan kehilangan berat badan.
* Ketakutan apabila berat badan mereka bertambah.
* Menolak makan.
* Mengingkari kalo mereka lapar.
* Berolahraga secara kontant.
* Jumlah rambut yang lebih banyak pada tubuh atau wajah.
* Sensitif terhadap cuaca/suhu dingin.
* Tidak mengalami siklus menstruasi/absen.
* Kehilangan atau rontoknya rambut pada kepala.
* Persepsi atau cara pandang terhadap diri sendiri yang menganggap diri *mereka itu gemuk padahal sesungguhnya diri mereka terlalu kurus.

Banyak masalah yang timbul karena kelainan anoreksia nervosa ini. Pada wanita penderita anoreksia biasanya berhenti mengalami siklus menstruasi. Orang-orang dengan anoreksia mengalami kulit kering dan rambut kepala yang tidak lebat/jarang karena mengalami kerontokan. Pertumbuhan rambut mereka mungkin normal pada seluruh bagian tubuh. Mereka mungkin merasa kedinginan setiap waktu (sensitif dengan suhu dingin) dan mereka mungkin lebih sering sakit. Orang-orang dengan anoreksia sering merasa dalam perasaan yang tidak enak (bad mood). Mereka mempunyai waktu yang sulit berkonsentrasi dan selalu berpikir tentang makanan.

Tidaklah benar bahwa penderita anoreksia tidak pernah merasa lapar. Sebenarnya, mereka selalu merasa lapar. Merasa kelaparan memberikan mereka suatu perasaan pengendalian yang berlebihan pada tubuh dan kehidupannya. Hal itu membuat mereka merasa seperti merasa baik pada sesuatu hal-mereka baik untuk menurunkan berat badan. Penderita anoreksia berat mungkin beresiko tinggi terhadap kematian karena kelaparan.

Sekian Posting saya tentang Definisi dan Gejala-Gejala Penderita Anoreksia Nervosa, Terima Kasih

Sumber : http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080118031000AAZ9qof dan http://menujuhijau.blogspot.com/2011/07/mengenal-lebih-dekat-penyakit-anoreksia.html