Monday, January 27, 2014

Penyakit Sariawan dan Jenis-Jenis Sariawan

Sariawan
Kali ini saya akan membagikan postingan tentang Penyakit Sariawan dan Jenis-Jenisnya. Mungkin beberapa dari kalian sudah pernah mengalami sariawan atau mungkin juga belum pernah sama sekali. Bagi yang sudah pernah mengalami sariawan pastinya tahu betapa menyakitkannya sariawan itu. Dan kali ini saya akan membagikan apa itu penyakit sariawan dan Apa saja jenis-jenis sariawan itu. Berikut artikelnya

Sariawan atau stomatitis aftosa adalah suatu kelaianan yang terjadi pada selaput lendir mulut. yang ditandai dengan adanya luka pada mulut yang memiliki bentuk seperti bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Seriawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan.
Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya sariawan :
1. luka tergigit
2. mengonsumsi makanan atau minuman panas,
3. alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi,
4. kelainan pencernaan,
5. kebersihan mulut tidak terjaga,
6. faktor psikologi,
7. kondisi tubuh yang tidak fit.
Sariawan yang tidak hilang selama 2 minggu bisa diindikasikan merupakan kanker Rongga Mulut.

Jenis-Jenis Sariawan

1. Sariawan yang disebabkan jamur
Sariawan dapat juga disebabkan oleh jamur, menurut bahasa medis sariawan ini disebut sariawan kandidiasis oral atau moniliasis. Sariawan ini disebabkan oleh penggunakan antibiotika dalam waktu lama dan bisa pula disebabkan karena gigi dan mulut yang kurang bersih. Sariwan jenis ini biasanya menyerang bayi dan manula.

2.Sariawan kambuhan
Sariwan jenis ini merupakan jenis sariawan dimana tempat terjadinya dititik yang sama terus. Dalam dunia medis dinamai Afte Rekuren. Sariawan ini berupa luka yang sifatnya tiba-tiba dan rasanya nyeri. Bisa muncul satu atau sekaligus berkelompok. Sariawan jenis ini biasa dipicu oleh kekurangan zat besi, vitamin C dan vitamin B12.

3. Gangguan hormonal
Sariawan juga bisa disebabkan oleh gangguan hormonal, misalnya pada perempuan yang sedang menstruasi. Tentu saja, setiap orang mengalami reaksi berbeda-beda.

4. Sariawan akibat rokok
Sariawan jenis ini diderita oleh para perokok berat. Sariawan ini disebut pula Stomatitis Nicotina. Sariawan ini cenderung menyerang daerah mulut di langit-langitnya karena lokasi itu lah yang terkena asap rokok. Sariwan tipe ini hilang seiring dengan menurunnya frekuensi merokok.

5. Sariawan akibat mulut kering
Mulut kering kurang memproduksi air liur atau saliva. Padahal, kalau kuantitassaliva menurun maka otomatis kualitasnya akan turun. Sariawan cenderung muncul pada mulut kering yang minim saliva. Karena itu, perbanyak mengunyah sayuran segar. Ketika kita mengunyah sayuran segar, akan dibutuhkan banyak saliva sehingga secara otomatis mulut akan memproduksi banyak saliva. Salah satu penyebab mulut kering ialah stress. Jadi saat Anda stress, sebaiknya perbanyak makan sayur dan buah, bukan mengalihkannya ke coklat ataupun es krim dalam jumlah besar

Sekian posting saya tentang Penyakit Sariawan dan Jenis-Jenis Sariawan. Sekian dan Terima Kasih.

Sumber : http://artikeltentangkesehatan.com/macam-macam-sariawan-2.html dan http://id.wikipedia.org/wiki/Seriawan