Thursday, January 30, 2014

Kenali Penyebab Penyakit Kanker Rongga Mulut

Kanker Rongga Mulut
Kanker rongga mulut atau oral cancer merupakan kanker yang menyerang bagian sekitar mulut. Kanker ini bisa tumbuh di gusi, bibir, dinding mulut, lidah, langit-langit mulut atau dasar mulut. Kanker ini disebut juga karsinoma sel skuamosa.

Kanker mulut termasuk penyakit berbahaya dapat membawa penderitanya pada kematian. Kanker mulut yang timbul di lidah biasanya berbentuk benjolan atau timbul daging pada lidah. Kanker tersebut akan menyebabkan terjadinya pembusukan atau ketika pecah akan terus mengeluarkan cairan.

Kanker mulut yang berada di lidah akan terlihat seperti sariawan yang besar. Lidah akan berlubang dan kian lama akan bertambah besar. Sedangkan kanker mulut yang ada di gusi dapat dideteksi saat gusi membesar dan pipi menjadi bengkak.

Penyebab Kanker Rongga Mulut adalah

1. Rongga mulut yang kurang bersih
Kebersihan rongga mulut yang kurang terjaga menjadi sarang perkembangbiakan bakteri dan jamur sehingga mempermudah terbentuknya nitrosamin.

2. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol
Kebanyakan penderita kanker mulut memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol dalam waktu lama.

3. Gizi kurang baik
Kepekaan tubuh terhadap karsinogen bisa meningkat bila kurangnya asupan Vitamin A1, Vitamin B2, arsenik dan zink yang dapat memicu terjadinya kanker rongga mulut.

4. Rangsangan benda asing dalam jangka panjang
Gigi palsu yang tidak cocok, akar gigi atau ujung gigi yang runcing dapat merangsang selaput lendir rongga mulut dalam waktu lama. Kondisi ini dapat mengakibatkan terjadinya luka kronis dan terjadi canceration.

5. Sinar Ultraviolet (UV)
Paparan langsung sinar matahari dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker rongga mulut.

6. Mukosa leukoplakia dan eritema
Gejala yang sering muncul dari prakanker lesi adalah mukosa oral leukoplakia dan proliferasi eritema.

7. Radiasi pengion
Radiasi pengion bisa mengakibatkan perubahan DNA pada bahan genetic dan mengaktifkan gen tumor sehingga menyebabkan canceration.

8. Faktor lainnya
Penyakit lain seperti sirosis liver, hepatitis kronis, dan infeksi virus juga dapat menurunkan kekebalan tubuh sehingga memicu munculnya kanker rongga mulut


Sekian Posting dari saya tentang Kenali Penyebab Penyakit Kanker Rongga Mulut, Terima Kasih.

Sumber : http://doktersehat.com/sariawan-tak-lekas-sembuh-pertanda-kanker-rongga-mulut/ dan http://id.wikipedia.org/wiki/Kanker_mulut dan http://www.deherba.com/penyebab-gejala-dan-pengobatan-kanker-mulut.html