Thursday, December 19, 2013

Pengertian atau Definisi Kanker Secara Umum

Kanker
Sebenarnya saat mendengar kata Kanker itu, Kalian mengerti apa maksud dari Kanker itu sendiri atau cuma tahu kata Kanker tanpa tahu maksud dari Kanker itu sendiri. Nah, daripada kalian bingung, kali ini saya akan membagikan artikel tentang Pengertian atau Definisi Kanker secara umum dan udah untuk dipahami. Berikut Artikelnya

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal), menyerang jaringan biologis di dekatnya, dan bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik.

Sel orang yang terkena kanker memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan dengan sel-sel normal dalam tubuh orang yang tidak menderita kanker seperti
  1. Sel Kanker tidak mengalami apoptosis atau program kematian sel. Apoptosis sangat berguna untuk tubuh kita karena untuk mengatur jumlah sel yang dibutuhkan dalam tubuh.  Bila telah melewati masa hidupnya, sel-sel normal (nonkanker) akan mati dengan sendirinya tanpa ada efek peradangan (inflamasi). Sel kanker berbeda dengan karakteristik tersebut.
  2. Sel kanker tidak mengenal komunikasi ekstra seluler atau asosial. Komunikasi ekstra seluler diperlukan untuk menjalin koordinasi antar sel sehingga mereka dapat saling menunjang fungsi masing-masing. Dengan sifatnya yang asosial, sel kanker bertindak semaunya sendiri tanpa peduli apa yang dibutuhkan oleh lingkungannya.
  3. Sel kanker mampu menyerang jaringan lain (invasif), merusak jaringan tersebut dan tumbuh subur di atas jaringan lain.
  4. Untuk mencukupi kebutuhan pangan dirinya sendiri, sel kanker mampu membentuk pembuluh darah baru (neoangiogenesis) meski itu tentunya dapat mengganggu kestabilan jaringan tempat ia tumbuh.
  5. Sel kanker memiliki kemampuan dalam memperbanyak dirinya sendiri (proliferasi) meski seharusnya ia sudah tak dibutuhkan dan jumlahnya sudah melebihi kebutuhan yang seharusnya.
Cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan studi, diagnosis, perawatan, dan pencegahan kanker disebut onkologi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi,kemoterapi, atau radiasi.

Kanker juga diklasifikasikan menurut jenis organ atau sel terjadinya kanker. Berikut klasifikasinya:
  1. Karsinoma adalah kanker yang dimulai di kulit atau jaringan yang melapisi atau menutupi organ-organ tubuh. Sebagai contoh, karsinoma dapat timbul di payudara, usus besar, paru-paru, hati, prostat, dan perut.
  2. Leukemia,Limfoma dan Mieloma kanker yang terjadi pada jaringan darah
  3. Melanoma timbul dari melanosit.
  4. Mesotelioma pada pleura atau perikardium
Kanker berkembang melalui serangkaian proses yang disebut karsinogenesis. Jadi kanker tidak serta-merta muncul begitu saja dalam tubuh. Melainkan melalui proses yang cukup panjang

Karsinogenesis pada dasarnya dibagi menjadi dua tahap utama yaitu inisiasi dan promosi, namun beberapa literatur menambahkan bahwa tahap promosi kanker diikuti oleh proliferasi, metastasis dan neoangiogenesis.

Sekian Posting dari saya, Semoga bisa berguna bagi para pembaca dan bisa memberikan informasi lebih tentang apa itu kanker.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kanker , http://tinggalklikajah.wordpress.com/pengertian-kanker-secara-umum/ , http://kamuskesehatan.com, http://kerabatku.wordpress.com/2011/05/14/kasifikasi-kanker/