Wednesday, December 18, 2013

Macam-macam Jerawat, Cara Menghilangkan dan Mencegah Jerawat

Jerawat
Tahukah kalian kalau jerawat yang ada di wajah kita atau tubuh kita itu macam-macam jenisnya. Dan harus ditangani secara berbeda-beda pula untuk menyembuhkannya. Kali ini saya akan memberikan jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya.

1.Jerawat Klasik (Jerawat biasa)
Jerawat Klasik itu adalah jerawat yang mudah dikenali. Karena, kebanyakaan orang pernah terkena jerawat jenis ini. Jerawat biasa memiliki penampakan yaitu tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan.Jerawat jenis ini terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

2. Komedo
Jujur saya baru tahu kalau komedo itu merupakan salah satu jenis jerawat. Saya baru tahu saat membuat artikel ini. Dan inilah alasan mengapa komedo bisa dikataka jerawat.
Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.


3. Jerawat batu (Cystic acne)
Jerawat Batu adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita Jerawat Batu biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini.Orang yang terkena jerawat jenis ini biasanya memiliki
a. Kelenjar minyak yang sangat aktif sehingga membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak,
b. Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal
c. Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit

Setelah mengetahui jenis-jenis jerawat. Kali ini saya akan membagikan cara untuk menghilangkannya. Banyak cara untuk menghilangkan jerawat dari cara non alami sampai alami. Tinggal mana yang kita lebih percaya. Dan kali saya pilih-pilih cara menghilangkan secara alami tapi yang tidak membutuhkan biaya besar dan mungkin ada dirumah anda :

1. Minyak pohon teh , coba oleskan minyak pohon teh di tempat yang berjerawat di wajah atau muka kamu. minyak ini akan membantu mengeringkan kulit. Banyak orang telah menemukan bahwa hal ini akan mengurangi penumpukan minyak pada pori-pori .

2. Madu Asli - madu asli memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan dan juga kecantikan. Madu ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat. caranya cukup oleskan madu di bagian yang berjerawat dan diamkan selama 10-20menit.

3. Mentimun - mentimun memiliki kadar air yang banyak yang dipercaya mampu membantu mengurangi jerawat dengan membuag racun yang menutupi pori-pori.
4. Jahe - Jahe yang biasanya kita jumpai di dapur untuk bumbu ternyata bisa juga kita manfaatkan untuk mengobati jerawat. caranya dengan di parut dan kemudian di usapkan di wajah yang berjerawat.
5. Kuning Telur - cukup oleskan kuning telur ke daerah yang berjerawat, diamkan selama 10 menit dan bilas
6. Bawang Putih , Coba juga menggunakan bawang putih untuk mengobati jerawat karena bawang putih sudah dipercaya sejak dulu mampu mengobati jerawat yang membandel di wajah anda.
7. Jeruk nipis, jeruk nipis juga dipercaya bisa membantu anda dalam memberantas jerawat di wajah. hal ini bisa anda lakukan saat ingin tidur dengan mengusapkan perasan jeruk nipis tadi.
8. Memperbanyak air putih, Cara lain untuk menghilangkan jerawat adalah dengan memperbanyak minum air putih. minum aor putihlah yang banyak. usahakan sehari bisa minum 8 gelas.

Selain cara menhilangkannya kita juga harus tahu cara agar terhindar dari jerawat. Caranya adalah dengan pola hidup yang sehat seperti :
  1. minum air secukupnya – tidak kurang, tidak lebih.
  2. menjauhi stress dan selalu rileks
  3. makan sayuran dan buah-buahan supaya BAB lebih lancar
  4. cuci muka dgn air bersih (pakailah air mineral), karena bisa jadi air ledeng di rumah mengandung kadar besi yang terlalu tinggi
  5. rutin mencuci handuk, helmet dan bantal
  6. jangan memencet paksa, kecuali oleh alat yang tepat
  7. cuci muka dengan sabun khusus cukup 2x/hari agar bisa mengurangi kelebihan minyak. Jangan terlalu sering karena justru bisa menghilangkan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit
  8. hindari sugary and iodized foods, kopi juga minuman berkarbonisasi
  9. rajin berolahraga secukupnya, namun jangan berlebihan
  10. facial wajah secara rutin akan mempercepat penyembuhan jerawat. Facial wajah rutin setiap 2 minggu sekali. Pakailah produk facial yang sudah terdaftar di badan pom. Keliru memilih produk facial malah bisa membuat problem sahabat menjadi tambah parah.
  11. cara lainnya juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan herbal. Habbatussauda serta madu sangat baik untuk dikonsumsi.
Sekian Posting dari saya, Semoga bermanfaat bagi anda semua. Terima Kasih.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Jerawat dan http://kumpulan-resepsehat.blogspot.com/2013/05/cara-menghilangkan-jerawat-secara-alami.html